Cara Menangani Kesulitan Belajar Anak

Cara Menangani Kesulitan Belajar Anak

Kesulitan belajar pada anak akan muncul apabila anak mengalami kesukaran dalam memahami isi buku pelajaran, membaca, berhitung (Matematika), menulis, dan mengerjakan pekerjaan rumah (PR). Kasus seperti ini diduga disebabkan tidak berfungsinya system syaraf pusat atau factor-faktor psikologis. Pada kasus lain, anak-anak mengalami kesulitan belajar tidak mengalami kelainan dalam intelegensinya, karena mereka mempunyai intelegensi di atas rata-rata, namun mempunyai kesulitan dalam pelajaran tertentu.
Kesulitan belajar banyak disebabkan oleh beberapa factor, yaitu tidak berfungsinya saraf, gangguan penglihatan, pendengaran, gangguan persepsi, gangguan perhatian atau maslah ingatan. Atau bisa juga kombinasi dari factor-faktor tersebut dan factor-faktor psikologis seperti rasa bosan, marah, sedih, jengkel, cemas dan lain-lain.
Selain itu masalah sulit belajar juga bisa disebabkan anak tidak dapat melakukan sesuatu secara maksimal. Misalnya tidak bisa mencatat dengan baik karena posisi duduk dikelas tidak nyaman. Ini merupakan sebab dari factor eksternal. Sedangkan factor internal penyebab sulit belajar adalah motivasi, sikap, minat, persepsi (cara berpikir ataupun berpendapat), dan sebagainya.
LihatTutupKomentar
Diberdayakan oleh Blogger.