Cara Merubah Perilaku Siswa

Cara Merubah Perilaku Siswa

Ada beberapa metode yang dapat membantu guru dalam merubah perilaku yang mempengaruhi hubungan antara anak dengan para guru. Beberapa perilaku tersebut adalah ketidakpatuhan, perilaku manipulatif, sikap bergantung yang berlebihan dan perilaku sejenis lainya.
  1. Perilaku Tidak Patuh
Perilaku tidak patuh adalah perilaku tidak mau mengikuti petunjuk, tidak memperdulikan peraturan, tidak menurut, keras kepala dan biasanya tidak patuh. Perilaku ini biasanya mempengaruhi hubungan antara siswa dengan para guru, perilaku siswa di kelas dan prestasi belajarnya.
Metode untuk mengubah perilaku tidak patuh adalah sebagai berikut : anak di didik secara efektif dengan memberikan kesempatan anak untuk diajak bicara, atau adanya hubungan komunikasi timbal balik, sehingga diharapkan anak akan memberikan tanggapan yang positif jika ada perintah diterapkan atas dirinya, selain itu diperlukan juga pendekatan secara konsisten dan konsekuen. 
Antar lain dengan memberikan peraturan dan konsekuensi yang terinci secara jelas, sehingga siswa tahu harapannya dan konsekuensi perilakunya. Kemudian dilengkapi dengan system catatan, tanda kredit atau kontrak perjanjian dalam mengembangkan kepatuhan. Contohnya Anik tidak pernah dapat berjalan tenang dari ruangan yang satu ke ruangan yang lain saat bel berbunyi, biasanya ia langsung menghambur lari melalui lorong sekolah sambil mendorong dan menabrak sana sini. Anda dapat mengatakan kepadanya bahwa “Jika Anik berjalan tenang menuju kantin, dia boleh berdiri paling depan untuk bermain diluar, tetapi kalau Anik lari, Anik harus keluar yang terakhir”.
LihatTutupKomentar
Diberdayakan oleh Blogger.